Tangerang, 02 Jul 2025 - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Tangerang hari ini menggelar Inhouse Training Service Excellent bekerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) Kantor Cabang Tangerang dalam upaya mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik. Mengusung tema “Professional Image and Grooming Frontliners”, pelatihan ini difokuskan pada penguatan citra profesional dan etika penampilan bagi petugas garda terdepan layanan keimigrasian.
Acara dibuka oleh Plh. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Tangerang, Indra Maulana Dimyati, yang dalam sambutannya menekankan pentingnya membangun kesan pertama yang positif dan pelayanan yang humanis kepada masyarakat. “Pelatihan ini tidak hanya menjadi sarana peningkatan kompetensi, tetapi juga menjadi fondasi dalam membangun budaya kerja yang berintegritas dan berorientasi pada pelayanan prima", ujarnya.
Sebanyak 40 pegawai mengikuti kegiatan ini, terdiri dari 35 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), 2 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan 3 Pegawai Tetap. Seluruh peserta mendapatkan materi langsung dari Branch Service Manager BNI, Nia Siti Juniawati, yang membawakan pelatihan interaktif mengenai penampilan profesional, sikap pelayanan prima, dan standar grooming bagi petugas layanan publik.
Kegiatan ini merupakan bagian dari strategi Kantor Imigrasi Tangerang dalam membentuk sumber daya manusia yang tidak hanya kompeten secara teknis, tetapi juga unggul dalam hal komunikasi, penampilan, dan sikap dalam menghadapi masyarakat.
Sinergi antara Imigrasi dan BNI diharapkan dapat menjadi langkah konkret dalam menciptakan pelayanan publik yang lebih berkualitas, sebagai bagian dari upaya mempertahankan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani dengan predikat Sangat Baik. Selain itu, kolaborasi ini menjadi langkah nyata dalam mendukung penguatan guna menyiapkan SDM yang siap menghadapi tantangan pelayanan publik ke depan.
“Frontliner adalah wajah dari institusi. Service exellent memperkuat sikap profesionalisme dan penampilan yang merepresentasikan pelayanan publik yang berkualitas, ramah, dan berintegritas.”
PS, Humas Imigrasi Tangerang, 2025 (C).